Visceral fat dan bahayanya bagi kesehatan manusia

Visceral Fat dan Bahayanya Bagi Kesehatan Manusia

MAMAPAPY.COM. Mungkin Anda belum tahu apa itu Visceral Fat. Lemak ini tidak kelihatan karena berada di dalam tubuh dan bisa menciptakan masalah kesehatan yang serius. Pada postingan kali ini MAMAPAPY akan menginformasikan  Visceral Fat dan Bahayanya bagi Kesehatan Manusia.

Dua Jenis Lemak Manusia

Lemak tubuh manusia dibagi menjadi 2 jenis, yaitu lemak bawah kulit atau yang disebut  subcutaneous fat dan lemak dalam atau yang lebih dikenal dengan visceral fat

Subcutaneous atau lemak bawah kulit adalah timbunan lemak yang berada persis di bawah kulit manusia. Lemak jenis ini dapat kita lihat sekitar perut, lengan, kaki dan bokong. 

Sedangkan visceral fat adalah lemak yang tak terlihat  secara langsung. Lemak ini berada di sekitar organ-organ vital manusia, antara lain di  hati dan di usus. Bahaya visceral fat jauh lebih tinggi bagi kesehatan manusia

Bahaya Visceral Fat/Lemak Dalam

Selain di usus dan di hati, visceral fat juga bercokol di dalam pembulu darah. Bila berada di atas ambang normal, visceral fat bisa menciptakan masalah kesehatan yang serius. 

Bahaya visceral fat di antaranya adalah, lemak ini dapat meningkatkan resistensi insulin, bahkan jika Anda belum pernah menderita diabetes atau prediabetes. Penelitian membuktikan bahwa lemak ini mengikat protein retinol yang meningkatkan resistensi insulin. 

Bahaya Visceral fat yang lain adalah  secara cepat meningkatkan tekanan darah. Artinya, bila visceral fat melampau ambang normal, penderitanya bisa langsung terkena tekanan darah tinggi. 

Harus diingat bahwa bahaya virsceral fat secara nyata bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan mengancam keselamatan jiwa Anda, di antaranya: 

  • serangan jantung dan penyakit jantung
  • diabetes tipe 2
  • stroke
  • kanker payudara
  • kanker colon atau usus
  • penyakit alzheimer

Cara Mengukur Visceral Fat

Visceral Fat bisa diukur secara akurat dengan menggunakan CT Scan atau MRI. Namun ini adalah prosedur yang memakan banyak biaya,  menyita waktu dan tidak semua orang sanggup untuk itu.

Cara lain adalah dengan menggunakan timbangan khusus bodyfat yang biasanya ada di pusat-pusat kebugaran profesional. Atau bisa juga dengan mengunjungi klinik medis. 

Mereka biasanya punya pedoman umum untuk mengevaluasi FV seseorang serta resiko kesehatan yang ditimbulkannya. 

Harvard Health misalnya, mengatakan bahwa sekitar 10% dari lemak tubuh adalah visceral fat. Jadi, yang namanya visceral fat itu adalah 10% dari total lemak tubuh Anda. 

Namun untuk mengetahui total lemak tubuh, Anda harus mengunjungi klinik yang punya fasilitas pengukur lemak tubuh. 

Namun ada cara yang mudah juga. Khabar baiknya,  ada  cara termudah untuk mengetahui tingkat resiko VF, yaitu dengan  mengukur lingkar pinggang terlebar kemudian dibagi dengan lingkar pinggul. 

Untuk pria, normalnya adalah 1.0 dan wanita 0.85. Lebih dari itu, Anda terindikasi memiliki kelebihan visceral fat.

Cara Mengurangi Visceral Fat

Untungnya, karena berada dalam rongga tubuh dan lebih dekat dengan organ hati, lemak ini lebih mudah disingkirkan lewat olahraga, diet dan perubahan pola hidup.

Pertama; Jika memungkinkan, ambillah waktu berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Olahraga kardio seperti berlari, bersepeda dan latihan sirkuit akan lebih cepat membakar lemak, terutama visceral fat ini.

Kedua; Hormon stress kortisol sebenarnya juga dapat meningkatkan lemak visceral ini. Karena itu, menghilangkan stress dari hidup, Anda sudah dan akan membuang lemak visceral ini. Demikian juga latihan meditasi, pernapasan dalam dan manajemen stress akan memudahkan tubuh mengikis lemak visceral ini dari organ-organ penting Anda. 

Ketiga; diet yang sehat dan seimbang. Hilangkan makanan yang diproses, gula dan lemak tinggi dari diet Anda. Makan lebih banyak protein tanpa lemak, sayuran dan buah serta karbohidrat kompleka seperti ubi jalar, kacang dan lentil.

Gunakan cara memasak rendah lemak seperti dengan cara merebus, membakar atau memanggang. Jangan digoreng. Ketika menggunakan minyak, gunakan minyak zaitun, bukan mentega atau minyak kacang. 

Penutup

Jadi, walaupun bahaya visceral fat itu nyata, toh sangat mungkin dikendalikan. Bila lingkar pinggul Anda semakin memelar, itu tandanya Anda harus mulai melakukan exercise yang memungkinkan visceral diusir jauh-jauh dari organ vital dan pembulu darah Anda.

Demikianlah sedikit informasi tentang bahaya visceral fat. Semoga berguna bagi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!